INDUSTRIAL VISIT DOSEN TIP 2018

Written by admin on . Posted in Rilis

Pada 15-17 Januari 2018, sebanyak 26 Dosen TIP melakukan kunjungan ke beberapa industri di daerah Surabaya dalam rangka meningkatkan hubungan baik dan menjalin kerja sama. Adapun industri yang dikunjungi dalam rangkaian visitasi dosen TIP ini adalah PT Santos Jaya Abadi, PT Inti Luhur Fuja Abadi, PT Samator Gas Industri, dan PT Eka Timur Raya.

IMG_2523IMG_2567

PT. Santos Jaya Abadi adalah industri yang bergerak dibidang pengolahan kopi. Salah satu brand yang dimiliki oleh PT. Santos Jaya Abadi yang telah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah Kopi Kapal Api. Pada kunjungan ini dosen TIP dapat melihat dan mempelajari secara langsung bagaimana proses pembuatan kopi instant dari awal penerimaan bahan baku hingga ke tahap packaging. Industri selanjutnya yang dikunjungi adalah PT. Samator Gas Industri. Industri ini bergerak dalam bidang pengolahan gas alam manjadi gas industri seperti liquid nitrogen, liquid CO2, Argon, N2O, Liquid Helium, dan beberapa gas industri lainnya. Beberapa produk seperti liquid Nitrogen dan Liquid CO2 telah banyak digunakan di sektor industri makanan dan minuman, serta pertanian untuk menjaga kualitas produknya.

IMG_2942 IMG_2966

Industri lainnya yang dikunjungi adalah PT Inti Luhur Fuja Abadi dan PT Eka Timur Raya. PT. Luhur Fuja Abadi merupakan industri yang bergerak dalam penanganan produk perikanan melalui proses pembekuan, sedangkan PT Eka Timur Raya adalah industri yang bergerak dibidang budidaya jamur dan pembuatan jamur kaleng. Adapun Kerjasama yang terjalin melalui kunjungan industri ini diharapkan dapat membantu departemen TIP dalam pengembangan kurikulum dan penelitian sehingga departemen dapat menyiapkan lulusan yang dapat bersaing dengan baik di dunia kerja.

5th International Conference on Agroindustry (ICoA) dan International Student Gathering 2018

Written by admin on . Posted in Rilis

International Conference on Agroindustry yang kelima  (5th ICoA) akan diselengarakan pada tanggal 25-26 September 2018 di Bali-Indonesia setelah pada tahun sebelumnya (4th ICoA)  dilaksanakan di Niigata, Jepang. Pada tahun ini ICoA mengambil tema Agroindustry 4.0 :  Digital Transformation in Agro-Food Value Chains. Adapun seminar internasional ini didukung oleh APTA, ILCA, Rispescia dan IAAI dengan mendatangkan narasumber dari berbagai negara. Untuk mengetahui informasi secara detil terkait pelaksanaan dan pendaftaran seminar silahkan kunjungi https://icoa.tp.ugm.ac.id/2018/ . ICoA Untuk melengkapi 5th ICoA, pada tahun ini akan diselenggarakan pula International Student Gathering (ISG) 2018 yang ditujukan untuk mahasiswa Teknologi Industri Pertanian wilayah Asia. Acara ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk berkumpul dan bertukar pikiran terkait permasalahan dan perkembangan yang ada di agroindustri. ISG 2018 sendiri akan diselenggarakan selama 2 hari, yaitu pada 24-25 September 2018 di Bali Indonesia.  Selain mendatangkan narasumber dan melakukan diskusi dalam kelas, peserta juga akan diagendakan untuk mengunjungi industri yang berada di Bali untuk mendapatkan pengalaman belajar secara langsung. Informasi selengkapnya terkait International Student Gathering  dapat dilihat pada leaflet berikut International Student Gathering 2018

Khon Kaen Student Visit 2018

Written by admin on . Posted in Rilis

KKU Student Menindaklanjuti Student Exchange Program antara Departemen Teknologi Industri Pertanian (DAIT) UGM dengan Department of Production Technology, Khon Kaen University (KKU) Thailand, terdapat 5 mahasiswa pada jenjang S-1 yang melaksanakan kunjungan ke DAIT UGM pada periode 10 – 17 April 2018. Selama kunjungan, mahasiswa KKU diberikan kesempatan untuk belajar agroindustri dan budaya di Indonesia dengan melihat proses pembelajaran baik di kelas maupun laboratorium, mengunjungi berbagai agroindustri di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah seperti PT Pagilaran dan PT So Good Food Boyolali. Selama kunjungan industri mereka belajar proses produksi, distribusi, pengendalian dan penjaminan mutu serta penanganan limbah. Selain itu, mereka juga aktif dalam mengikuti seminar kebudayaan yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Pertanian, bersama dengan mahasiswa dari departemen lain. Kebudayaan Indonesia dipelajari dengan kunjungan mereka ke museum dan beberapa objek wisata di DIY.