BANGKOK – Department of Agro-Industrial Technology Management (AITM), Faculty of Agro-Industry, Kasetsart University mengundang Dr Dyah Ismoyowati untuk memberikan kuliah tentang ” Pemasaran Makanan Halal di Indonesia “. Terdapat lima sesi pertemuan dengan mahasiswa pascasarjana di kelas AITM. Sebuah diskusi yang antusias terjadi setelah presentasi. Pertanyaan yang timbul baik dari siswa maupun staf pengajar KU.Topik pertemuan pertama adalah ikhtisar dan pemahaman tentang halal ( dan haram ) makanan yang menjelaskan ide-ide pentingnya makanan halal di pasar global , dan Indonesia memiliki potensi pasar yang besar dalam hal nilai juga sebagai jumlah pelanggan muslim. Konsep makanan halal dijelaskan termasuk sumber-sumber kehalalan yaitu proses produksi material dan peralatan ( fasilitas ), dan ritual Islam. Kemudian disajikan berbagai kasus pangan halal di Indonesia, selama periode dari tahun 1980 hingga baru-baru ini . Rantai suplai makanan halal kemudian dielaborasi lebih lanjut. Sebagai tambahan, disampaikan pula pemahaman tentang halal berdasarkan Al-Qur’an dan Hadis, Terutama dalam penerapannya pada pelabelan makanan , Codex Alimentarius Commission juga dikutip.
Pertemuan kedua adalah perilaku dan kasus pada bisnis ritel tertentu di Indonesia. Presentasi dimulai dengan pernyataan bahwa masalah makanan halal melebihi lingkup keamanan pangan. Ini adalah bagaimana kaum muslimin biasanya berperilaku dalam kondisi dimana muslim sebagai mayoritas atau sebagai minoritas. Hasil temuan mengenai persepsi makanan halal oleh pelanggan muslim juga dikutip.
Pertemuan ketiga membahas tentang lingkungan industri dan strategi pemasaran . Dinamika peraturan makanan halal di Indonesia telah disampaikan kepada perkembangan terakhir dari (draft ) UU Pangan Halal.
Pertemuan keempat adalah penjelasan dan diskusi studi kasus yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa.Pertemuan kelima adalah presentasi dan diskusi termasuk komentar dari dosen pada studi kasus kelompok . Sesi ini membuat kelas tidak hanya memahami tentang konsep halal Tapi Juga dapat mengetahui aplikasinya dalam industri makanan dan pemasaran .